• image01
    Man jadda wa jada
  • image02
    Akhlaq jelek itu menular
  • image03
    Hidup mulia atau mati syahid
  • image04
    Hidup sekali,hiduplah yang berarti

Thursday, 16 May 2013

Kesimpulan dan saran

     Dari contoh kasus yg telah kami paparkan, maka kami dapat mengambil kesimpulan bahwa perkembangan teknologi yg sangat pesat terutama saat ini merupakan salah satu faktor kuat mengapa cyber crime saat ini sering terjadi. Meski sudah ada beberapa undang2 tentang ITE, tapi dalam pelaksanaannya undang2 tersebut masih sulit di jalani.

Perbaikan hukum atau membuat regulasi baru yg sesuai dgn masyarakat adalah salah satu jawaban atas maranya cybercrime di indonesia. Namun bagian yg sangat penting adalah kesadaran masyarakat yg harus ditingkatkan. Sebaik apapun hukum yg diterapkan untuk mengatasi cybercrime, namun apabila masyarakat tidak mampu hidup mengikuti perkembangan teknologi informasi pada saat ini, maka hukum akan sia2.

Masyarakat sebagai subject hukum yg akan menjalankan setiap ketentuan hukum positif di indonesia, tidak seharusnya hanya bisa menuntut kepada pemerintah dan aparat. Tetapi masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk taat hukum. Masyarakat juga dalam memakai internet dan penikmat fasilitas dunia maya harus mampu tertindak preventif. Agar tidak menjadi korban dari crybercrime.

No comments:

Post a Comment